Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tips Survival "Hutan"

Tips Survival "Hutan"

Jika kita berencana untuk melakukan perjalanan kehutan, tentu saja kita membawa perlengkapan yang menunjang aktivitas kita tersebut. Seperti membawa kompas, alat-alat P3K, makanan darurat seperti cokelat dan makanan energi lainnya, tali, pisau, pemantik api, tenda, dan perlengkapan standar lain-lainnya. Akan tetapi, bagaimana kita akan dapat survival jika tidak dilengkapi oleh peralatan tersebut? (orang begomana sih yang pergi kehutan ga bawa perlengkapan apa-apa) tapi ini just in case aja. Siapa tau rencananya cuma piknik eh malah nyasar hehehehe...


1. Jika ga ada pisau, maka carilah bebatuan yang berbentuk lonjong pipih. Asah-asah salah satu sisi batu tersebut agar tajam dengan bantuan batu lainnya. Memang sih perlu waktu yang luamayan lama. Tapi namanya juga perlu, so berusahalah. Demi bertahan.


2. Jika ingin membuat tombak (untuk berburu binatang seperti kelinci, ikan, atau burung) carilah kayu panjang yang cukup kuat, dengan 'pisau' batu buatan tadi, runcingkanlah ujung-ujung kayu tersebut. Jika misalkan kayu tersebut susah diruncingkan dengan 'pisau' batu tadi karena seratnya alot, maka gunakan pisau buatan kita tadi sebagai mata tombak. Ikat batu yang telah tajam tadi dengan serabut atau akar-akar pohon atau dari kulit kayu dengan kuat.


3. Untuk membuat api (untuk keperluan memasak, membuat tanda SOS atau untuk menghangatkan diri) bisa di buat dengan bantuan korek api atau menggunakan bantuan kaca dengan cara memanfaatkan titik cahaya atau titik api dengan bantuan matahari. Jika ga ada korek api, bisa membuat api dengan cara menggosok-gosokkan kayu dengan kayu (rada susah) atau menggesekkan batu dengan batu dengan cepat agar tercipat percikan api. Jangan lupa kumpulkan ranting-ranting kering atau dedaunan dibawahnya. agar percikan apinya 'melompat' di atas dedaunan tersebut.


4. Tidurlah didekat api unggun, karena hewan liar umumnya takut dengan api. Jika anda kebetulan membawa garam, taburkanlah garam tersebut disekeliling anda tidur. Gunanya agar makhluk melata seperti kaki seribu atau kelabang, semut dan sejenisnya tidak menganggu anda. Garam biasanya akan membuat tubuh mereka pedih jadi mereka tidak akan melewati daerah yang sudah ditaburi garam.


5. Jika anda tidak berhasil membuat api unggun, dirikanlah shelter untuk anda tidur. Shelter adalah tempat perlindungan sementara yang dapat memberikan kenyamanan dan melindungi dari keadaan panas, dingin, hujan dan angin. Shelter dapat menggunakan alam yang ada seperti gua, lubang pohon dan celah di batu besar. Selain itu dapat dibuat dari tenda, plastik atau menggunakan bahan dari alam seperti daun-daunan atau ranting.


6. Carilah air untu bertahan hidup. Tapi tidak semua air yang bisa diminum. Syarat-syarat fisik air bersih yang layak untuk diminum adalah tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau. Sumber air antara lain mata air, sungai, air hujan, embun, tumbuhan (rotan, pisang, lumut, akar gantung, kantung semar), dan hasil kondensasi tumbuhan dan air galian tanah.


7. Jika tidak ada hewan yang anda temukan untuk dimakan (atau ga bisa nangkapnya), maka makanlah tumbuh-tumbuhan, seperti jamur, buah-buahan, akar tanaman, batang tanaman bahkan jika perlu, dedaunan. Mang ga enak sih, tapi daripada kelaparan dan lemes. Tapi ga semua tumbuhan itu aman untuk dimakan. Karena terkadang tanaman ada yang bersifat racun yang dapat berakibat fatal bagi yang memakannya. 


Berikut ciri-ciri tanaman yang tidak layak dimakan:
- Hindari tumbuhan berwarna mencolok. Biasanya ini terdapat dijenis jamur.
- Hindari tumbuhan bergetah putih, kecuali yang sudah dikenal aman dimakan
- Mencoba mencicipi sedikit atau mengoleskan ke kulit. Biasanya tumbuhan yang berbahaya akan menimbulkan efek gatal, merah dan panas pada tubuh.
- Variasikan makanan yang dimakan untuk menghindari akumulasi zat yang mungkin buruk bagi kesehatan- Jangan memakan tumbuhan yang meragukan untuk dimakan.Jangan lupa berdoa dan terus berusaha kirimkan sinyal SOS dalam bentuk sinyal api atau cahaya senter, bendera (dari plastik, sobekan kain, atau kumpulan dedaunan) dan lain-lain tergantung kreativitas masing-masing hehehehe...apalagi yaaaa udah dulu deh sigitu dulu dari kami...mungkin ada yang bisa menambahkan hehehe


Salam Rimba Lestari

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar